Home » » Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Usia Dini

Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Usia Dini

Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Usia Dini  - Tidak sedikit para ortu yang ingin membuat anaknya menjadi jenius, dengan sengaja mereka mencekoki anak-anak mereka dengan berbagai ilmu pengetahuan dan juga berbagai ketrampilan tertentu. Tindakan ini syah-syah saja, karena apa yang dilakukan ini toh demi masa depan anak itu sendiri, hanya saja itu terlalu tergesa-gesa.

bakat anak sejak usia dini


Mestinya sebelum mengambil tindakan tersebut sebaiknya terlebih dahulu orang tua harus tahu apakah anaknya mempunyai kemampuan yang lebih, apakah si-anak memang berminat terhadap apa yang diajarkan atau memilih bidang yang lain. Hal ini perlu dilakukan penyelidikan terlebih dahulu dengan cermat dan teliti, bahkan bila perlu konsultasikan dulu dengan psikolog atau dari ahli dibidangnya, Kalau belum apa-apa anak anda sudah dipacu/digembleng dengan sedemikian rupa bisa-bisa sianak malah menjadi tertekan, stress, dan ia merasa kebebasannya TERAMPAS, tidak punya waktu untuk bermain dengan temannnya (SECARA LELUASA), dan tidak mustahil Anak justru akan menjadi korban ambisi dari orangtuanya,

Lalu bagaimanakah cara untuk mengetahui sejauh mana kemampuan/bakat seorang anak sejak dini? dan menurut para peneliti ada 9 faktor yang dapat dijadikan indikasi, diantaranya :

1. Faktor Kecermatan


Seorang anak yang mempunyai kecerdasan tinggi dan bakat yang menonjol akan terlihat betapa ia sangat dalam mengamati segala sesuatu. Perhatiannya begitu serius terhadap situasi disekelilingnya, Misalnya sambil tiduran atau duduk ia selalu mengamati segala sesuatu yang dilakukan oleh bapak/ibunya, mataya tidak lepas mengikuti gerak-gerik apa yang dilakukan oleh orang tuanya, Anak seperti ini memang punya pembawaan yang tenang, Tapi bila sudah bereaksi dia bisa secepat kilat.

2. Penguasaan Bahasa


Disini bukan berarti sang anak telah mampu menguasai bahasa asing, maksudnya anak tersebut lebih cepat menguasai perbendaharaan kata dan mahir dalam mengunakan kalimat kompleks (Majemuk), jika anak seusianya masih menggunakan kalimat seperti orang dewasa oleh karena ia cepat menguasai bahasa maka iapun dengan lebih mudah memahami pembicaraan orang lain dan tidak mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat dan gagasan/ideny sediri.

Dan untuk 7 faktor yang lain ANDA bisa ikuti kelanjutanya dari artike tentang Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Usia Dini BAGIAN II  DiSini

Posted by: M. Nurrohman
01.03
Bagikan Artikel Ke:

0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon Maaf, Untuk Komentar yang Menyertakan Link - URL Tidak akan Diterbitkan!! Terima Kasih. "SUKSES SELALU UNTUK ANDA"

Artikel Yang Sering Dibaca...

  • Kata-Kata Lucu - Kumpulan kata lucu yang 100% Halal dan tanpa bahan pengawet...
  • Cara Cepat Hamil - Panduan agar cepat hamil ini dari seorang dokter Ahli Kandungan yang....
 
Support : Info Online Ku | Kata kata Lucu | Foto Lucu
Copyright © 2013. Cara Membuat Ada - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger