Cara Menghindari Penipuan di INTERNET DAN FACEBOOK

Di jaman YANG serba online serta Semakin banyaknya penggunaan internet dan facebook seperti saat ini membuat peluang berbisnis diinternet ini semakin besar. Ada Banyak sekali bisnis online yang ada diinternet. Apalagi sampai saat ini pengguna internet/facebook telah mencapai ratusan juta/hari dan itu akan terus bertambah dengan seiring majunya teknologi serta kemudahan untuk bias mengakses internet. Dengan kedaan tersebut tentu saja ini merupakan LADANG EMAS bagi mereka pemburu uang-dollar diinternet. Tetapi bisnis apapun itu yang nyata maupun Online tidak bisa lepas dari penipuan. Dari sekian banyak jenis bisnis yang ada di facebook dan Internet pastilah ada BISNIS yg tujuannya hanya untuk MENIPU ANDA. Untuk itu Bagaimanakah cara kita menyikapi hal tersebut agar kita bisa lebih aman menggunakan internet-facebook agar terhindar dari yang namanya PENIPUAN. Berikut ini ada Beberapa tips yang bisa digunakan agar anda tidak menjadi korban penipuan maupun efek negatif dari dunia MAYA.

penipuan internet

☞ Tips Terhindar Dari Penipuan Lewat Facebook

1. Berhati-hatilah Saat memberikan alamat eMail diFaceBook

EMail merupakan faktor yang sangat penting dari seseorang jika ingin mengakses FaceBook. Pada setting default dari privasi FaceBook, alamat eMail anda bisa dilihat oleh orang lain, bahkan orang yang tidak termasuk dalam daftar pertemanan anda. Untuk menghindari hal tersebut lebih baik jika menggunakan pengaturan privasi agar orang lain tidak bisa melihat eMail yang anda gunakan untuk login/masuk di Facebook.

2. Jangan share nomor handphone di FaceBook

Meskipun ada fasilitas untuk menambahkan nomor handphone di fb, ada baiknya anda tidak menambahkan no telephone ke dalam facebook. Jika memang ada kepentingan untuk menambahkan nomor HP (Misalnya untuk kepentingan business, relasi atau keperluan yang lain), gunakan nomor HP skunder yang memang untuk keperluan tersebut dan jangan gunakan nomor pribadi.

3.Setting privacy untuk foto-foto di account FaceBook

Privasi foto merupakan salah satu hal penting dalam menggunakan FaceBook. Secara default, semua orang bisa melihat foto yang telah diupload ke FaceBook. Hati-hati dengan file foto karena bisa saja ada orang yang jahil yang secara sengaja menggunakan foto anda untuk kepentingan yang tidak bertanggung jawab.

4. Jangan gunakan aplikasi FaceBook yang belum jelas asal usul dan fungsinya

Facebook merupakan kumpulan berbagai macam aplikasi yang siap digunakan. Ada aplikasi yang menfasilitasi integrasi dengan handphone, ada yang dengan dan ada pula yang hanya sekedar untuk iseng belaka. Jika memang ingin menggunakan sebuah aplikasi, coba lihat dulu berapa banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, lihat pula rating yang diterima dari pengguna facebook, apakah aplikasi itu memang berfungsi dengan baik atau tidak. Semakin banyak yang memberi reputasi baik, semakin terpercaya pula kalau aplikasi itu memang bermanfaat (Meskipun belum ada jaminan tidak ada udang dibalik itu dari pembuat apliaksi).

5. Jangan langsung setuju “Invite” dari orang lain di FaceBook

Mungkin diantara teman-teman anda ada beberapa orang yang senang mengundang/mengajak masuk ke dalam group, menggunakan aplikasi atau sejenisnya. Jangan langsung menyetujui hal tersebut kalau belum tahu manfaat apa yang bisa diambil dari situ.

☞ Agar terhindar dari penipuan di INTERNET

1. Undian Berhadiah

Sering sekali ada orang yang menerima email berisi Anda memenangkan undian berhadiah. Bisa dari Yahoo, Microsoft, atau yang lain. Jangan mempercayai email ini. Jika Anda penasaran sekali, kontak langsung Yahoo atau Microsoft atau siapapun yang dikabarkan dalam email tersebut akan memberi hadiah.

Pencegahan: Jangan percaya apalagi transfer uang terlebih dahulu sebelum Anda memastikan kebenaran undian berhadiah.

2. Bisnis Palsu

Bisnis ini biasanya MLM (Anda harus merekrut member). Termasuk di dalam kategori ini adalah HYIP (High Yield Investment Program). HYIP bukan bisnis investasi tetapi permainan uang.

Pencegahan: Mendapatkan uang dengan mudah itu tidak ada. Selidiki siapa yang menyelenggrakan bisnis tersebut (alamat, badan hukum) jika akan bergabung dengan suatu bisnis.

3. Phising

Phising adalah teknik penipuan untuk mencuri password Anda atau informasi pribadi Anda. Pelaku phising sering membuat website palsu yang mirip dengan aslinya, sehingga korban memasukkan nomor rekening dan password di website penipu.

Pencegahan: jangan mengklik link di email, selalu periksa URL sebelum login. Misalnya jika mau login ke yahoo mail, pastikan URL-nya mail.yahoo.com.

4. Program Pay To

Anda mendapat tawaran untuk mengikuti program yang akan membayar Anda jika Anda mengklik email atau banner. Diantaranya memang mereka membayar Anda, namun sebagian besar mereka tidak membayar Anda. Ciri-ciri penyelenggara bisnis ini yang menipu adalah jika mereka menyaratkan Anda harus memperoleh poin sejumlah tertentu (misalnya 100 USD) sebelum mereka membayar Anda. Kenyataannya, poin Anda tidak pernah mencapai jumlah ini.

Pencegahan: Tidak mengikuti program ini, kalau Anda tertarik mengikuti, selalu memeriksa forum yang membahas program tersebut dan mencari tahu apakah membernya dibayar.

5. Piramida Uang

Mirip MLM tapi tanpa produk. Anda diminta untuk mentransfer uang ke nama nomer pertama, Anda masuk ke nomor terakhir. Anda diminta menyebarkan email tersebut ke banyak orang. Bisnis seperti ini tidak berjalan dan hanya membuang waktu Anda.

Pencegahan: Tidak mengikuti bisnis piramida uang.

6. Pencucian Uang

Anda mendapat email bahwa ada harta warisan yang perlu dicairkan. Anda diminta membantu dengan menyediakan rekening bank untuk ditransfer. Uangnya sebenarnya tidak ada, kalaupun ada dan ditransfer ke rekening Anda, uang itu adalah hasil curian dan Anda akan berurusan dengan hukum.

Pencegahan: Jangan pernah tergiur dengan penawaran semacam ini.

7. Hacking DAN Cracking

Anda tiba-tiba tidak bisa login di email, password salah terus! Padahal Anda merasa tidak pernah mengganti password. Atau E-gold atau paypal Anda tiba-tiba habis ada yang menguras. Pelakunya adalah hacker atau cracker yang mencuri password Anda dan mentransfer ke rekening mereka.

Pencegahan: Selalu memasang antivirus dan tidak mengakses rekening online di warnet, selalu gunakan komputer pribadi jika Anda harus mengakses rekening online.

8. Software yang berisi virus / trojan

Anda mendownload software dan merasa nyaman menggunakannya. Tiba-tiba rekening Anda ada yang membobol.

Pencegahan: Selalu gunakan antivirus terbaru yang sudah diupdate ketika membuka Internet.

9. Email palsu (Fake Mail)

Anda mendapat e-mail seolah-olah dari admin yahoo, admin paypal, Bank. Email ini menyatakan Anda harus login untuk verifikasi data. Anda sangat terkejut dan segera membuka link yang ada dalam pesan email tersebut. Anda diminta memasukkan password Anda. Jika ini terjadi berarti Anda telah tertipu, karena mengirimkan password ke hacker / cracker.

Pencegahan: Jangan mengklik link dalam email, apalagi setelah Anda klik, Anda disuruh untuk memasukkan password Anda. Ini halaman palsu.

Kesimpulannya adalah:
1. Berhati-hatilah dan JANGAN MUDAH PERCAYA.!!!
2. Sesuatu yang terlalu bagus untuk ada, itu berarti tidak ada.

0 Response to "Cara Menghindari Penipuan di INTERNET DAN FACEBOOK"

Posting Komentar

Terima Kasih. "SUKSES SELALU UNTUK ANDA"