Cara Memperbaiki Hardisk Yang Rusak Karena Bad Sector, Tidak Terdeteksi, Tidak Terbaca Oleh Bios

Cara Memperbaiki Hardisk Yang Rusak Karena Bad sector, Tidak Terdeteksi atau Tidak Terbaca oleh Bios ini gampang-gampang susah, dan juga tergantung seberapa parah kerusakan yang terjadi pada hardisk tersebut serta apa penyebabnya, pada kali ini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit cara/tips untuk mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi pada harddisk rusak yang disebabkan oleh badsector dll. karena hardisk adalah hardware yang sangat vital dan penting peranannya di dalam sebuah komputer maupun laptop. dan tanpa hardisk ini sebuah system operasi di komputer atau laptop tidak akan bisa berjalan. dan menurut saya pribadi selama hardisk itu tidak rusak secara fisik ato Terbakar Komponennya di mainbordnya maka kemungkinan besar kita bisa menyelamatkan data-data yang ada di dalamnya atau bahkan hardisk bisa berfungsi normal kembali. Ok inilah sedikit tips tentang.


Memperbaiki hardisk yang rusak

Memperbaiki Hardisk Rusak Bad Sector


Untuk menangani masalah ini ada beberapa cara dan variasi percobaan, disesuaikan dengan merk harddisk dan banyaknya bad sector.

► Untuk penangan awal bisa gunakan perintah FORMAT C:/C ( sesuaikan dengan drive yg akan diformat). /C digunakan untuk mebersihkan cluster yg rusak.
► Langkah kedua jika belum berhasil bisa gunakan program Disk Manager dari masing-masing pabrik pembuat Harddisk.
► Jika belum berhasil juga anda bisa gunakan software HDDREG , MHDD, silahkan download softwarenya di internet Gratis.
► Jika belum berhasil coba cara Low Level Format atau Zero File.
► Jika masih belum bisa, anda bisa lakukan pemotongan sector harddisk yg rusak, dengan cara membaginya dan tidak menggunakan sector yang rusak.

Hardisk Terdeteksi di BIOS Tapi Tidak Bisa Digunakan


Kerusakan yg menyebabkan harddisk terdeteksi di BIOS tetapi tidak bisa digunakan, selalu muncul pesan error pada saat komputer melakukan POST. Biasanya ini disebabkan FIRMWARE dari harddisk tersebut yg bermasalah. Untuk gejala ini banyak terjadi pada harddisk merk Maxtor dengan seri nama-nama Dewa. Untuk memperbaikinya anda bisa download program Firmware dari website merk harddisk tersebut.


Hardisk Tidak Terdeteksi Oleh BIOS


Kerusakan yang menyebabkan Harddisk benar2 tidak terdeteksi oleh BIOS dan tidak bisa digunakan lagi. Ini level yang tersulit menurut saya. Karena untuk perbaikannya kita butuh sedikit utak atik perangkat elektronika dan komponen dalamnya. Menganggulangi harddisk yang tidak terdeteksi oleh BIOS banyak cara.

► Mengecek arus listrik yg mengalir ke harddisk
► Mengganti IC pada mainboard Harddisk
► Buka Penutup Cover harddisk dan cek posisi Head harddisk
► Cara yg extreme harddisk yg rusak bisa dikanibal dengan harddisk yg lain yg keruskan berbeda, bisa dengan cara mengganti maiboardnya atau mengambil IC nya.

Yup sobat itulah sedikit tips tentang Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak karena bad sector dan lain-lain, Mungkin saat ini anda juga punya flashdisk rusak, seperti tidak terbaca, dll. disini ada artikel tentang Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca atau rusak mungkin itu bisa membantu anda. sekian

Sumber : http://sobatpc.com/cara-mudah-memperbaiki-harddisk-rusak/

0 Response to "Cara Memperbaiki Hardisk Yang Rusak Karena Bad Sector, Tidak Terdeteksi, Tidak Terbaca Oleh Bios"

Posting Komentar

Terima Kasih. "SUKSES SELALU UNTUK ANDA"