Perawatan Payudara Pada Ibu Hamil Dan Menyusui

Perawatan Payudara Pada Ibu Hamil Dan Menyusui - Ketika saat hamil perubahan hormon ibu akan menyebabkan payudara siap untuk  memproduksi ASI (Air Susu Ibu) begitu melahirkan, Tetapi seringkali setelah melahirkan banyak ibu merasa kecewa, karena ASI tidak keluar atau tidak mencukupi kebutuhan bayinya. Padahal, hamper semua ibu sebenarnya sanggup menyusui banyinya sampai beberapa bulan, bahkan banyak juga yang bisa meyusui sampai banyi dengan usia 2 Tahun, Untuk itu disinilah pentingya untuk melakukan perawatan sebelum dan sesudah melahirkan pada ibu hamil.

merawat-payudara-ibu-hamil


Keinginan untuk menyusui bayinya setelah lahir adalah naluri seorang ibu, Bagaimana tidak, setelah kurang lebih selama 9 bulan mengandung, merasakan setiap gerakan janin di dalam rahim, tentunya menyusui merupakan satu bentuk ungkapan kasih sayang ibu yang teramat dalam. Karena itu tidaklah mengherankan bila seorang ibu yang gagal memberikan ASI kepada bayinya akan merasa sangat kecewa, Dan untuk menghindari hal tersebut maka Ibu perlu melakukan perawatan agar nanti setelah melahirkan bundapun bisa memberikan ASI EKSKLUSIF kepada bayi anda tercinta.

Lakukanlah Perawatan Payudara Anda

Sekalipun payudara wanita setelah melahirkan dipastikan dapat menghasilkan ASI, akan tetapi bila bunda melakukan perawatan tertentu maka air susu ibu yang dihasilkanpun akan menjadi lebih baik dan lebih banyak, Dan berikut ini adalah cara perawatan payudara:
  • Jika payudara anda terlihat bengkak, padahal air susu tidak keluar, atasi dengan mengompres payudara dengan air hangat.
  • Dengan melakukan Pengurutan : Caranya, Pegang bagian bawah payudara dengan kedua belah tangan dan gerakkan telapak tangan anda kedepan sampai ke bagian puting, Ulangi langkah tersebut sampai asi keluar.
  • Jika puting payudara pendek atau masuk kedalam, pengurutan sebaiknya dilakukan semasa kehamilan, dan semua ini dilakukan untuk menghindari payudara nyeri yang dapat menimbulkan abses (kerusakan jaringan yang berisikan nanah), bila ini terjadi maka bayi akan sukar untuk menyusu.
  • Jagalah kebersihan payudara. Sebelum mulai menyusuhi, basuhlah puting payudara dengan kain bersih atau Kasa/kapas dan jangan gunakan sabun, karena dapat menimbulkan nyeri pada puting, kulit pecah pecah dan bisa terjadi infeksi.

Agar ASI Cukup

  • Rangsangan paling utama untuk menghasilkan ASI adalah isapan bayi, karena semakin teratur dan lama bayi menghisap, maka makin banyak pula asi yang dihasilkan. Dan ini akan terjadi sebaliknya, bila bayi waktu menghisap yang sebentar da jarang maka ini akan menyebabkan makin sedikit pula air susu yang dihasilkan.
  • Biarkanlah bayi anda menyusu setiap kali menangis pada bulan pertama tanpa menghiraukan jadwal minumnya. Hal ini untuk merangsang produksi ASI. dengan cara ini pula diharapkan bayi akan selalu mendapatkan air susu yang cukup.
  • Makanlah makann yang berkualitas maupun kuantitasnya baik. Makan yang BERGIZI sangatlah penting untuk meningkatkan kualitan dan kuantitas ASI. Karena itu menu makanan EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA harus bunda penuhi. Dan Perbanyak pula konsumsi sayuran dan buah-buahan.
  • Waspadalah terhadap pmakaian obat-obatan. jangan gunakan obat tanpa resep dokter. kalaupun ingin menggunakan obat tersebut silahkan konsultasikan kepada dokter anda.

 Agar Jumlah ASI Meningkat

Ada kalanya anda harus melakukan cara-cara tertentu agar kualitas dan kuantitas ASI bisa meningkat, dan beberapa cara tersebut seperti :
  1. Sebelum menyusui, makanlah makanan selingan yang bergizi, dan minumlah seperti sari air kacang hijau rebus, sari buah/jus atau susu untuk ibu menyusui.
  2. Susuilah bayi dengan rasa kasih sayang, tataplah matanya dan ajaklah dia berbicara dengan lemah lembut.
  3. Susuilah bayi dalam suasana yang tenang, nyaman dan menyenangkan, misal dalam ruangan yang sepi dan di iringi dengan alunan musik yang lembut.
  4. Susuilah bayi dengan suasana hati anda yang rileks dan bahagia.
  5. Percayalah pada diri sendiri, bahwa anda pasti berhasil memenuhi ASI bayi Anda.

Tips Bila ASI Kurang

Seandainya dokter dan anda menganggap/merasa bayi anda tidak cukup mendapatkan ASI maka yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Jangan cepat-cepat memberikan bayi anda dengan susu kaleng/susu formula, usahakan terlebih dahulu dengan cara yang lain.
  • Susuilah bayi lebih sering lagi, karena cara ini untuk merangsang payudara agar memproduksi lebih banyak ASI.
  • Sesudah anda menyusui bayi, pompalah asi sampai habis, hal ini merupakan upaya untuk merangsang payudara berproduksi lebih banyak lagi.
  • Jika anda terlalu lelah, maka kurangilah kesibakan bunda, Mungkin saat inilah anda membutuhkan waktu istirahat yang cukup, terutama pada awal bulan kelahiran.
  • Pantau kembali konsumsi GIZI anda, Makanlah makanan yang bergizi dan minumlah yang cukup
  • Jagalah suasana hati anda agar selalu menyenangkan, Bila anda STRESS, cobalah cari penyebabnya dan sesegera mungkin selesaikanlah masalah tersebut.

Dengan melakukan Perawatan Payudara Pada Ibu Hamil Dan Menyusui ini diharapkan anda bisa memberikan ASI EKSKLUSIF kepada bayi anda, karena AIR SUSU IBU adalah MAKANAN yang TERBAIK, TIADA TANDING DAN TIADA BANDING untuk bayi anda.



Ibu-hamil

Artikel Terkait :

0 Response to "Perawatan Payudara Pada Ibu Hamil Dan Menyusui"

Posting Komentar

Terima Kasih. "SUKSES SELALU UNTUK ANDA"